Menyikapi Kontroversi Logo “Setan” Manchester United

Pada hari Rabu 17 Agustus 2011 saya sempat membaca sebuah tulisan dalam salah satu status jejaring sosial tulisanya seperti ini kawan

“Yang artinya adl bahwa hanya ada dua macam manusia di dunia ini. Yang pertama adl yang mencintai Arsenal dan yang kedua adl yang membenci MU. Dan keduanya adl manusia yang berdiri di atas jalan kebenaran” ungkapan ekstrim salah seorang bernama Slamet (bukan nama sebenarnya)

Akhirnya saya mencoba untuk berkomentar, karena saya sendiri penggemar berat tim sepak bola asal Inggris ini !

“Artinya memang ada kalanya manusia penggemar Arsenal menghibur diri sendiri dengan cara seperti ini dikala Tim pujaan tidak dapat melakukanya semangat pren..” balasku

Bukan tanpa alasan karena kebetulan pula temanku si pengguna jejaring sosial ini adalah fans Arsenal, salah satu club sepak bola di ranah Inggris. Awalnya saya mengira kalau dia menulis status itu karena faktor rivalitas suporter saja, dan saya menganggapnya wajar, tapi balasan akhirnya muncul :

“Git: Ki tenan. Jane karepe meh guyon. Tp njur kudu ngmgke pikiranku.
Man. United, ssuai dg julukannya “Red Devils”. Dan kau tau apa makna “Devils” itu; beberapa menggunakannya sbg lambang satanic. Sory, ini bukan soal agama. Krn kaum satanic bukan hanya soal agama. Bhkan, agama2 samawi sangat berbeda dg ajaran satanic (atau bhkan anti?). Lebih lgkap silakan search “lambang satanic”, “fremanson” or “illuminat” (penulisan mungkin salah). Kaum satanic melakukan propaganda dg segala cara, yg kita pun sering tertipu. Saya yakin, kau akn brkata ini bukan hal yang penting. Tp sungguh, kita sdh dikuasai oleh kaum satanic melalui budaya; musik, pola hidup dll.” Balasnya, serius.

Saya tidak heran, atau marah karena menurut saya dia baru membaca artikel yang banyak beredar di internet kurang lebih seperti ini :

Pada akhir tahun 1960an lambang setan mulai dimasukkan menjadi bagian dari badge Manchester United. Setan berwarna merah yang sedang memegang Garpu Tala tepat diletakkan pada tengah logo. Menurut catatan, Matt Busby mengambil logo setan tersebut dari sebuah Klub Rugbi Salford City Reds Rugby. Logo klub rugbi tersebut juga ada gambar setannya. Logo setan merah dengan garpu tala juga ditemui pada lambang freeBSD sebuah sistem operasi berbasis Linux keluaran Berkeley Software Distribution (BSD). Silahkan anda cari pada pencarian google gambar. Setan lucu itu bernama beastie. Selain freeBSD, Berkeley Software Distribution juga memproduksi BSD daemon, biasanya software ini dikaitkan dengan email. Taukah anda apa itu daemon ? Daemon = Demon artinya Jurik atau setan, Lambang setan banyak ditemukan dalam khazanah budaya barat. Selain setan beastie juga didapat lambang setan seperti Bapomet, pentagram, 666, lucifer. Kenapa begitu banyak lambang setan? Dibarat banyak sekte yang menyembah pada setan, di era klasik penyembahan pada setan terjadi dalam bentuk Magic, sihir, pengorbanan manusia dll. Tapi di era sekarang para penyembah setan (Satanik) bisa dalam bentuk Atheisme, Materialisme. Mereka menganggap setan sebagai mahluk yang kritis, cerdas, pemberontak dan jujur. Mereka juga sangat menjunjung tinggi Teori Darwin. Mereka masuk ke bidang Musik, Olah Raga, Film, Penerbitan, Pendidikan, dan bidang lain yang belum tentu terpikirkan oleh anda.

Mereka bukanlah budaya yang baru muncul belakangan, mereka adalah budaya yang terwarisi dari jaman dulu, berasal dari ajaran paganis para penyihir dimasa Fir’aun. Ingat mereka kalah dengan Ilmu Tauhid nabi Musa. Siapa dan apa sebenarnya mereka saat ini ?

TAPI “MU” BUKANLAH KLUB ZIONIS… ini hanyalah sebuah lambang yang KEBETULAN ada gambar setan merahnya..

Manchester United

Aku mencoba menanggapi berdasarkan reflek perasaan dan pikiran setelah membaca balasan statusnya saat itu dan reflek itu tertulis langsung tanpa pikir panjang karena memang itu pikiranku saat itu,

“ Tapi bukanya menyikapi apapun tergantung mandangnya seperti apa? Kalau mandangnya baik ya hasilnya baik..tergantung mandangnya sebagian orang United Army jg mandangnya gak sekritis dan gak sempit juga, mereka memandang sebagai club, prestasi dan olah raga, pemain, banyak yg terinspirasi United bukan liat dr logonya, tergantung kita memandangnya…tp trims Sat wes ngenei informasi..jd tau lebih banyak tentang United…!! “ tanggapku, reflek

Akhirnya tanggapanpun bermunculan salah satunya
“ klo ga salah gini, dlu emg logo MU ga ada gambar setan tp pd waktu itu adalah masa2 kebangkitan MU setelah tragedi Munich, pd waktu itu MU lg tokcer2 nya klo maen, klo tanding sering bgt menang kayak setan yg lagi ngamuk siap libas sapa aja. dr situ image “setan” muncul trus krn jersey MU yg brwarna merah maka trbentuk lah image “setan merah”. krn image dah nempel maka MU memodifikasi logo klub dengan menambahkan gambar setan merah utk mempertegas image tersebut. jd gmbar setan merah ga ada hub sama skali dgn freemason ato sebangsanya ” ( tidak menambahi bahkan mengurangi isi tulisan atau mengubah bentuk tulisan)

Walaupun cukup masuk akal, namun tidak bisa dijadikan acuan maupun jawaban, karena sifatnya kritikan. Menurut saya apapun bentuk logonya selama kita tidak meyakini itu sebagai faham atau aliran yang di anut gak ada masalah. Saya sendiri melihat Manchester United sebagai club sepak bola besar dan sangat menginspirasi dari segi olah raga bagi pecinta seoak bola diseluruh dunia, masalah prestasi? Luar biasa! Saya yakin banyak orang yang tidak meragukan itu iya gak? di Inggris ada Ratu dan seharusnya mereka juga tau siapa rajanya? Yupz.. bener banget Manchester United..!! dengan title gelar liga terbanyak di Premier League, 19 gelar..!! dan sampai saat ini di tahun gemparnya permainan Barcelona, Club raksasa Spanyol, kalian juga tau siapa yang mengalahkan mereka terakhir kali di tahun ini? Yupz.. Manchester United..!! Barcelona kontra Manchester United saat itu melakoni laga persahabatan di Amerika Serikat, Sabtu 30 Juli 2011, saat itu United unggul 2-1. Penasaran? Atau gak percaya? Boleh liat di   http://www.youtube.com/watch?v=yrgYmpxZeD0 dijamin tidak ada rekayasa dalam video ini gan..!!

Belum sempat 5 detik menarik nafas ee.. sudah ada kontroversi baru di salah satu tulisan blog tentang larangan pemakaian seragam Manchester United di Malaysia kita baca sebentar!

DILARANG MEMAKAI KAUS MANCHESTER UNITED !

Yang dipermasalahkan adalah lambang setan di kaus Manchester United

Umat Islam tidak boleh mengenakan seragam klub sepak bola Manchester United karena mencatumkan logo “setan”, menurut ulama Malaysia.

Manchester United dan klub-klub Liga Inggris lain sangat terkenal di Malaysia dan seluruh Asia, namun ulama setempat menganggap kaus tim itu tidak Islami.

Kaus tim sepak bola lain yang dilarang termasuk Brasil, Portugal, Barcelona, Serbia dan Norwegia karena ada lambang salib.

“Tidak ada alasan untuk mengenakan kaus-kaus itu karena berarti sebagai seorang Muslim, anda mengidolakan simbol agama lain,” kata Datuk Nooh Gadot, pemimpin majelis agama Johor, Malaysia.

“Dalam masalah ini, tidak ada kompromi atas nama hiburan, model atau bahkan olah raga,” tambahnya.

“Bilapun kaus itu merupakan pemberian, harus ditolak. Orang lebih berdosa bila sadar bahwa kaus itu salah dan masih membeli dan mengenakannya,” kata Nooh Gadot.

Plus menjadi Silang

Tidak ada kompromi atas nama hiburan, model atau bahkan olah raga

Nooh Gadot

Ulama lain, Harussani Zakaria, ulama dari negara bagian Perak, sepakat bahwa lambang setan harus dihindari.

“Tentu saja dalam Islam, kita tidak boleh membiarkan orang mengenakan lambang-lambang seperti itu,” kata Harussani kepada kantor berita AFP.

Sebelumnya, sejumlah ulama Malaysia juga mengeluarkan fatwa kontroversial termasuk melarang yoga, yang dianggap mengandung unsur agama Hindu.

Bulan Maret lalu, Manchester United menandatangani kontrak sponsor lima tahun dengan Telekom Malaysia.

“Siapapun yang ikut tur ke Asia tahun lalu, tahu persis bagaimana dukungan rakyat Malaysia untuk klub ini,” kata David Gill, direktur Manchester United.

Peringatan soal dosa karena mengenakan kaus “setan merah” Manchester United ini menimbulkan reaksi para pendukung di Malaysia.

“Lain kali mereka akan meminta merubah simbol aritmetika “+” menjadi “x” karena dianggap tidak halal,” komentar salah seorang pendukung di situsnya.

Gini aja teman… mendingan kita jangan terlalu sibuk memikirkan logo, karena kita tau semua ini olah raga bukan masalah Agama. Oke!? Justru menurut yang saya tau ini namanya kita berburuk sangka! Ya gak? apapun komentar teman-teman semua yang jelas saya hanya Suporter MU, boleh bagi kalian suporter MU boleh liat di ” UNITED ARMY ” dan mari kita nyanyikan “Glory…glory…glory Man. United…”

Hanya sekedar ekspresi, hiburan dan luapan kreatifitas teman piss…!! saya harap juga teman, kita lihat dari segi artistiknya! mau tau artinya? liat gambar dibawah ini :

Subhanallah…Indah Bukan? (Stadion nan indah milik Manchester United “Old Traford” )


About kulidesain

ambisius dan sangat terobsesi Lihat semua pos milik kulidesain

16 responses to “Menyikapi Kontroversi Logo “Setan” Manchester United

  • Alive

    Thanks the info about logo

    what logo Manchester united ?

  • farhan

    yakin lho ma tulisannya…gunakan ilmu dulu om, klo da berhasil membawa kesesatan orang banyak,berani tanggung jawab di hadapan Allah??!!
    jgn anggap remah bung
    walaupun ini hanya sebuah klub…club bola bkn hanya 1 bung…jutaan!!

    • kulidesain

      Tolong Baca yang jeli…!! tulisanku hanya menyikapi tulisan yang sudah ada sebelumnya. tentu saja olah raga gak ada kaitanya dengan agama.

    • kulidesain

      Saya Penggemar MU dan tolong di baca dengan teliti maksudnya..

    • bas

      nampaknya, postingan anda hny penolakan argumen org lian tentang apa yg terjadi sebenarnya,

      anda bilang olah raga gak ada kaitanya dengan agama. ohh nampaknya anda salah….
      justru sejarahnya sebenarnya sepak bola muncul krn polemik
      agama… kalau sejarawan berpendapat sepak bola pertama kali ada d italia, sy setuju… krn italia adalah wilayah vatikan, pusat agama nasrani.

      & sebenarnya logo mu itu, sebuah pesan buat kalangan tertentu.. sm halnya dlm islam simbol bulan bintang,

      kita takkan pernah tau, yg terjadi di dalam manajemen mu,
      kita hny brpendapat berdasarkan pengalaman, bnyk makan garam…
      hah… makan garam mana ada gizinya, buat otak kita…!

      coba deh teliti lg, logo itu…

      • kulidesain

        kalau memang iya logo itu ada “apa-apa” terserah org mau pendapat apa. kan yg penting pandangan kita melihat dari sudut pandang apa. kalau saya intinya hanya sekedar menyukai Clubnya dan Logo itu terserah mau bentuk apa, yg penting gak ada niatan negatif.

  • Harrison

    setuju mas broo… sya trmasuk pnggemar MU karena prestasinya, bukan karena lambang klubnya…..GLORY GLORY MAN UNITED…….

  • fajar

    MU y ttp aj MU,toh isi’a jga bukan para setan…..😎
    just logo…

  • harry fontana (@harry_ordinary)

    zionis mengusai berbagai bidang stategis,untuk menciptakan dunia baru.
    memang itu tujuan zionis tak perlu agama,agama hanya akan mengikat dogma manusia.
    manusia hanya akan jadi manusia selama dia bebas,kuat,dan melepaskan diri dari jeratan dogma agama.
    tujuan zionis adalah menuju dunia baru,menghapuskan seluruh agama kecuali setan.
    menghapuskan nilai nilai kehidupan keluarga,individu harus tunduk kepada kehidupan kolektif,massa,atau partai.
    bagi zionis setan bukanlah makluk hina atau terkutuk,melainkan kekuatan yang melambangkan kejujuran,keberanian dan kebebasan.
    seorang musuh zionispun yang paling membenci nya tanpa terasa akan mendukung zionis.
    logo yg sebut:
    1.mata satu,setan bola mata nya.
    2.kalau anda garis dalam gambar setan dari A,man ke D.
    dari T ke U.
    dari D ke U
    I ke A,I ke T.
    akan membentuk bintang terbalik yaitu baphomed.
    seakan akan menyuruh pendukung MU bersatu dalam baphomed.
    semoga anda berfikir.

  • tino

    lambang – lambang itu dimasukkan dan mempengaruhi kita tanpa kita sadari. Janganlah karena saya, anda atau kalian menyenangi klub tersebut lalu menjustifikasi bahwa lambang itu hanya kebetulan. Memang manusia selalu menerapkan standar ganda, membela yang disukai walaupun salah dengan berbagai justifikasi dan menghujat yang tidak disukai walau benar. Tidak ada yang kebetulan dengan suatu logo perusahaan, klub dll karena hal itu didasari pada filosofi klub.

  • Jheany Amelia

    Klub dari Manchester ini dimiliki oleh keluarga Glazers yang secara terang – terangan.
    “ Glazer was the fifth of seven childrend in a Jewish household”-Wikipedia
    Mereka juga merupakan ahli ‘ secret society’ Freemasonry yakni perkumpulan rahasia Yahudi
    Yang berangotakan sekitar 1700,dengan agenda ‘penantian Raja Yahudi Dajjal the AntiChrist’.
    Tanggal 21 Agustus 2012 George Soros seorang Yahudi kewarga negaraan Amerika, membeli Saham klub Manchester United.
    yaitu saham kelas A yang mempunyai kekuatan satu suara persahamnya.
    Berita bersumber BBC Indonesia.
    bikin logo bukan asal asal atau kebetulan,
    bagi zionis Setan Bukanlah Makluk Yang Hina,
    Melainkan Kekuatan Yang Melambangkan Kejujuran,Keberanian,dan Kebebasan.
    Ajaran Ini di tanamkan Kepada Anggota Iluminasi Bahwa Paham Satanism merupakan bentuk evolusi kemanusiaan.
    Jersey yang sekarang namanya Master Karpet,
    Lantai Catur (hitam/putih)/Checkered Floor
    Lantai yang digunakan dalam ritual freemasonry (berpetak hitam-putih).
    jagan jangan anda seorang zionis,dalam kitab talmud kabbalah Dibenarkan Menipu Orang yang Bukan-Yahudi.
    saya yakin anda seorang zionis.

  • pires

    memang apa untungnya menyebarkan artikel seperti ini.bagaimana petinggi ulama islam dari islam itu benar,jadi harus berapa banyak dosa yg kamu tanggung!mungkin itu yang dimaksudkan oleh orang yg telah memberi komentar sebelumnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: